4.1 PENYULUHAN SANITASI LINGKUNGAN & KTP ELEKTRIK
Keanggotaan
- Penanggung jawab : M.Arbiantoro
- Ketua Pelaksana : Dimas Fauzi Anggara
- Sekertaris : Nindya Pramudiyanti
- Seksi Acara :
Zulfa Rahmawati
M.Hairul Fitri Mohhain
- Pembawa acara :
Bayu Andika Lumbantoruan
Fitri Dwi Primadisya
- Pemateri :
Yenny Ade Bintang
Mirawati
Bayu Rizky Rianisa
dan Bpk Dudi dari aparat Desa(KTP Elektrik)
- Publikasi dan Dokumentasi :
Fakhrizal Maulana
M. Syafiq b Roslan
- Konsumsi :
Nurul Syafiqah Naam
Syaira Sulaiman
Devi Risandi
- Humas :
Mega Febriani
Melisa Sevtiyana
Veni Oktaviani
M.Arbiantoro
Delia Herliani
- Logistik :
Daniel Napitupulu
Putra Ardiansyah
Yuliana Sari
Sasaran : Warga dan Aparat Desa Padaherang
Tujuan :
Memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan dan status kesehatan suatu lingkungan yang mencakup perumahan, pembuangan kotoran, penyediaan air bersih dan sebaginya.
Memberi pengetahuan kepada masyarakat tentang penyakit yang mungkin di tumbulkan karena sanitasi lingkungan yang kurang baik.
Memberitahukan kepada masyarakat bahwa ada pembaruan KTP baru
Hari/ Tanggal : Minggu, 10 Juli 2011 dan kamis, 14 Juli 2011
Tempat :
SMK Pasundan Padaherang
Madrasah Diniyah As-Salam Padaherang
Madrasah Diniyah Al-Ihsan Sindangherang
Madrasah Diniyah Sukarenah.
Pelaksanaan :
Minggu, 10 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 08.00- 08.20 WIB
o Pembukaan : Pukul 08.20- 08.30 WIB
o Penyuluhan KTP Elektrik : Pukul 08.30- 09.00 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 09.00- 10.00 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 10.00- 10.10 WIB
Selasa, 12 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 15.00- 15.30 WIB
o Pembukaan : Pukul 15.30- 15.35 WIB
o Penyuluhan KTP Elektrik : Pukul 15.35- 16.05 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 16.05- 17.05 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 17.05- 17.20 WIB
Rabu, 13 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 20.00- 20.30 WIB
o Pembukaan : Pukul 20.30- 20.35 WIB
o Penyuluhan KTP Elektrik : Pukul 20.35- 21.05 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 21.05- 22.05 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 22.05- 22.20 WIB
Kamis, 14 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 15.00- 15.30 WIB
o Pembukaan : Pukul 15.30- 15.35 WIB
o Penyuluhan KTP Elektrik : Pukul 15.35- 16.05 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 16.05- 17.05 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 17.05- 17.20 WIB
Respon dan partisipasi peserta
Kegiatan ini dibagi menjadi 4 penyuluhan yaitu di 4 dusun.kurang lebih peserta yang hadir dalam acara tersebut sekitar 20-25 orang dari setiap dusun. Respon peserta terhadap materi yang disampaikan berbeda-beda tiap dusun.karena antusiasme peserta yang kurang, hanya beberapa peserta yang merespon dengan baik, hal ini dapat dilihat dari aktivitas peserta dimana beberapa peserta mencatat materi yang disampaikan, dan pada akhir materi dilakukan sesi diskusi namun suasana diskusi masih kurang interaktif.
Kendala yang dihadapi
o Peserta hadir tidak tepat waktu sehingga acara mundur.
o Kebanyakan peserta kurang antusias kepada acara penyuluhan.
Manfaat
o Peserta mengetahui bahwa sanitasi lingkungan yang baik akan mempengaruhi kepada aspek kesehatan dan sosial.
4.2 PENYULUHAN HIV/AIDS
Keanggotaan
- Penanggung jawab : M. Arbiantoro
- Ketua Pelaksana : M. Hairul Fitri
- Wakil Pelaksana : M. Syafik
- Sekertaris : Putra Ardiyansyah
- Seksi Acara :
Veni Oktaviani
Delia Herliani
Mega Febriani
Mirawati
- Pembawa acara :
Yenny Ade Bintang
Bayu Rizky Rianisa
- Fasilitator :
Yuliana Sari.
Syaira Sulaiman
Nurul Syafiqah Naam
Melisa Sevtiyana
Zulfa Rahmawati
Nindya pramudiyanti
Fitri Dwi Primadisya
Devi Risandi
- Publikasi dan Dokumentasi :
Fakhrizal Maulana
Bayu Andika Lumbantoruan
- Logistik :
Dimas Fauzi Anggara
Daniel Napitulu
M. Arbiantoro
Sasaran : SMK Pasundan Padaherang
Tujuan :
Memberikan informasi dan pengetahuan kepada Siswa-Siswi SMK Pasundan Padaherang Tentang Bahayanya HIV/AIDS
Memberikan pengetahuan tentang pencegahan HIV/AIDS
Hari/ Tanggal : Senin, 18 Juli 2011
Tempat : Mesjid SMK Pasundan Padaherang
Pelaksanaan :
Senin, 18 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 08.00- 08.10 WIB
o Pengabsenan dan pembagian Brosur : Pukul 08.10- 08.45 WIB
o Pembukaan : Pukul 08.45- 09.00 WIB
o Brainstorming : Pukul 09.00- 09.10 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 09.10- 10.10 WIB
o Post test : Pukul 10.10- 10.20 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 10.20- 10.30 WIB
Respon dan partisipasi peserta
Kegiatan penyuluhan ini berisi tentang pengertian HIV/AIDS, epidemiologinya di dunia, Asia dan Indonesia, cara penularan HIV AIDS serta pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit HIV AIDS. kurang lebih peserta yang hadir dalam acara tersebut sekitar 100 orang. Respon peserta terhadap materi yang disampaikan sangat antusias, hal ini bisa di lihat dari para peserta yang aktif dalam melontarkan pertanyaan sekitar HIV AIDS dan pada akhir materi dilakukan sesi diskusi lalu post test secara lisan yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar daya serap materi yang di tangkap oleh peserta penyuluhan.
Kendala yang dihadapi
o Peserta hadir tidak tepat waktu dikarenakan upacara pembukaan MOS sehingga acara mundur.
Manfaat
o Peserta mengetahui pengertian HIV AIDS dan penyebaran HIV AIDS di seluruh dunia.
o Peserta mengetahui cara penularan dan pencegahan untuk menghindari penyakit HIV AIDS.
4.3 PENYULUHAN MENOPAUSE
Keanggotaan
- Penanggung jawab : M.Arbiantoro
- Ketua Pelaksana : Zulfa Rahmawati
- Sekertaris : Nindya Pramudiyanti
- Seksi Acara :
Bayu Andika Lumbantoruan
Fitri Dwi Primadisya
Mirawati
- Pembawa acara :
Yenny Ade Bintang
Putra Ardiyansyah
- Pemateri :
Nursiah Nasution, dr.
Dr.dr.Reni Farenia.,MKes
Ema
- Publikasi dan Dokumentasi :
Fakhrizal Maulana
M. Syafiq b Roslan
- Konsumsi :
Nurul Syafiqah Naam
Syaira Sulaiman
Devi Risandi
- Humas :
Mega Febriani
Melisa Sevtiyana
Veni Oktaviani
M.Arbiantoro
Delia Herliani
- Logistik :
Daniel Napitupulu
Putra Ardiansyah
Yuliana Sari
Sasaran : Wanita usia produktif Desa Padaherang
Tujuan :
Memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat tentang masa menopause.
Memberikan pengetahuan tentang tanda dan gejala menopause.
Hari/ Tanggal : Jumat, 15 Juli 2011
Tempat : Madrasah Diniyah As-Salam
Pelaksanaan :
Minggu, 10 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 09.00- 09.30 WIB
o Pembukaan : Pukul 09.30- 09.40 WIB
o Pre test : Pukul 09.40- 09.50 WIB
o Pemberian Materi dan Diskusi : Pukul 09.50- 11.20 WIB
o Post test : Pukul 11.20- 11.35 WIB
o Penutup (Pembacaan Doa) : Pukul 11.35- 11.45 WIB
Respon dan partisipasi peserta
Kegiatan ini dibagi menjadi 3 pokok materi yang di bacakan oleh pemateri yang berbeda. penyuluhan yaitu tentang Pengertian Menopause, Gejala-gejala nya seperti apa dan tanaman obat keluarga yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit pada menjelang dan saat menopause.kurang lebih peserta yang hadir dalam acara tersebut sekitar 23 orang. Respon peserta terhadap materi yang disampaikan sangat antusias, hal ini bisa di lihat dari para peserta yang aktif dalam melontarkan pertanyaan sekitar menopause dan pada akhir materi dilakukan sesi diskusi lalu post test yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar daya serap materi yang di tangkap ibu-ibu peserta penyuluhan.
Kendala yang dihadapi
o Peserta dan pemateri hadir tidak tepat waktu sehingga acara mundur.
o Waktu kurang tepat karena terpotong oleh sholat jumat
Manfaat
o Peserta mengetahui gejala-gejala pra menopause, menopause dan post menopause.
o Peserta mengetahui tanaman-tanaman obat untuk mengurangi rasa sakit pada saat pra menopause, menopause, dan post menopause.
o Memberitahukan peserta agar tidak terlalu khawatir ketika menghadapi menopause.
4.4 PENERAPAN POLA HIDUP BERSIH dan SEHAT
Keanggotaan
- Penanggung jawab : M. Arbiantoro
- Ketua Pelaksana : Bayu Rizky Rianisa
- Seksi Acara Untuk Gosok Gigi :
Zulfa Rahmawati
M.Hairul Fitri Mohhain
M. Syafiq Roslan
Syaira Sulaiman
Nurul Syafiqah Naam
- Pembawa acara :
Yenny Ade Bintang
Melisa Sevtiyana
- Pemateri Untuk Gosok Gigi :
Nindya Pramudiyanti
Fitri Dwi Primadisya
- Pemateri Untuk Cuci Tangan :
Yuliana Sari
- Publikasi dan Dokumentasi :
Fakhrizal Maulana
Dimas Fauzi Anggara
Devi Risandi
- Humas :
Mega Febriani
Veni Oktaviani
M.Arbiantoro
Delia Herliani
Mirawati
- Logistik :
Daniel Napitupulu
Putra Ardiansyah
Bayu Andika Lumbantoruan
Sasaran : Anak – anak SD kelas III dan kelas IV di SDN I Padaherang Dusun Sukarenah
Tujuan :
Memberi pengetahuan kepada murid kelas III dan IV SD tentang bagaimana cara – cara untuk berpola hidup bersih dan sehat dengan cara memberitahu menggosok gigi dan cuci tangan.
Memberi pengalaman kepada murid – murid kelas III dan IV agar dapat disiplin dalam melakukan suatu kegiatan.
Hari/ Tanggal : Selasa, 19 Juli 2011
Tempat :
SDN I Padaherang di Dusun Sukarenah
Pelaksanaan :
Selasa, 19 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 09.15 - 09.30 WIB
o Pembukaan : Pukul 09.30 - 09.45 WIB
o Materi Sikat Gigi dan Kuis : Pukul 09.45 - 10.15 WIB
o Materi Cuci Tangan dan Kuis : Pukul 10.15 – 10.30 WIB
o Anak – Anak Keluar Dari Kelas : Pukul 10.30 – 10.45 WIB
o Praktek Gosok Gigi : Pukul 10.45 – 11.05 WIB
o Praktek Cuci Tangan : Pukul 11.05 – 11.20 WIB
o Masuk Kelas Kembali : Pukul 11.20 – 11.35 WIB
o Penutup : Pukul 11.35 – 11.45 WIB
Respon dan partisipasi peserta
Kegiatan ini dilakukan di satu sekolah dasar yaitu SDN I Padaherang di dusun Sukarenah. Peserta pada program ini adalah murid – murid sekolah dasar yang kurang lebih berjumlah 60 orang. Respon peserta terhadap materi yang disampaikan antusiasme peserta sangat tinggi, hal ini dapat dilihat dari aktivitas peserta dimana para peserta memberikan umpan balik yang besar pada setiap komunikasi yang kami lakukan kepada peserta dan pada saat kuis dilakukan para peserta sangat antusias untuk menjawab pertanyaan yang kami berikan.
Kendala yang dihadapi
o Peserta sulit untuk disiplin karena semua peserta adalah anak – anak kelas III dan kelas IV.
Manfaat
o Peserta mengetahui tata cara gosok gigi dan cuci tangan yang benar dan tepat.
4.5 KEGIATAN DI POSYANDU
Keanggotaan
- Penanggung jawab : M.Arbiantoro
- Ketua Pelaksana : Fitri Dwi Primadisya
- Sekertaris : Nindya Pramudiyanti
- Seksi Acara :
Zulfa Rahmawati
Bayu Andika Lumbantoruan
- Publikasi dan Dokumentasi :
Fakhrizal Maulana
M. Syafiq b Roslan
Daniel Napitupulu
- Humas :
Mega Febriani
Melisa Sevtiyana
Veni Oktaviani
M.Arbiantoro
Delia Herliani
- Logistik :
Mirawati
Putra Ardiansyah
Devi Risandi
Dimas Fauzi Anggara
- Pelaksana Lapangan :
Bayu Rizky Rianisa
Melisa Sevtiyana
Yenny Ade Bintang
Nurul Syafiqah Naam
Syaira Sulaiman
M. Hairul Fitri
Yuliana Sari
Sasaran : Bayi, Balita dan Ibu hamil
Tujuan :
Membantu bidan dan kader-kader dusun dalam melaksanakan program posyandu.
Melihat perkembangan dan pertumbuhan bayi, balita dan ibu hamil.
Hari/ Tanggal : Jumat, 8 Juli 2011 di Posyandu Ciputri dan Sukarenah
Sabtu, 9 Juli 2011 di Posyandu Sukarenah II
Rabu, 13 Juli 2011 di Posyandu Padaherang I
Kamis, 14 Juli 2011 di Posyandu Padaherang II
Sabtu, 16 Juli 2011 di Posyandu Burujul I
Minggu, 17 Juli 2011 di Posyandu Burujul II
Senin, 18 Juli 2011 di Posyandu Sindangherang I
Selasa, 19 Juli 2011 di Posyandu Sindangherang II
Pelaksanaan :
Jumat, 8 Juli 2011 sampai Selasa,19 Juli 2011
o Pengkondisian : Pukul 08.00- 08.30 WIB
o Registrasi Pasien & absen : Pukul 08.30- 09.00 WIB
o Pengecekan ibu hamil dan bayi : Pukul 09.00- 11.00 WIB
Kendala yang dihadapi
o Peserta hadir tidak tepat waktu sehingga acara mundur.
o Peserta kurang antusias sehingga tidak mengikuti atau tidak datang.
Manfaat
o Bidan, ibu si anak dan kader posyandu akan mengetahui perkembangan dan pertumbuhan si bayi, balita dan ibu hamil.
No comments:
Post a Comment